Monday, February 13, 2012

MOVIE: PIRATES OF SILICON VALLEY (1999)

Sumber gambar: http://www.listal.com

"We have to think of ourselves as artists. It's like Picasso said GOOD ARTISTS COPY, GREAT ARTISTS STEAL..." (Steve Jobs)

"You know what they say, the mafia... YOU KEEP YOUR FRIENDS CLOSE BUT YOUR ENEMIES CLOSER..." (Bill Gates)

Dua petikan kalimat di atas adalah dua hal yang paling saya ingat di film ini dan pastinya paling bisa menggambarkan siapa saja yang dimaksud sebagai pirates di film ini. Pirates of Silicon Valley merupakan film semidokumenter yang menceritakan awal karir Seteve Jobs (Noah Wyle) dan Bill Gates (Anthony Michael Hall) serta persaingan mereka berdua dalam membesarkan perusahaan mereka masing-masing, Steve Jobs dengan Apple Computer-nya dan Bill Gates dengan Microsoft. Film ini berlatar pada tahun 1970-an hingga tahun 1997. Film yang didasarkan pada buku Fire in the Valley: The Making of The Personal Computer yang ditulis oleh Paul Freiberger and Michael Swaine ini ditayangkan pada tahun 1999 di televisi, sedangkan DVD-nya direlease pada tahun 2005.

Di sini awalnya Steve Jobs dan Bill gates memulai usahanya dari bawah, Jobs bersama temannya di University California Berkeley, Steve Wozniak (Joey Slotnick) adalah orang-orang aneh yang hobi membuat perangkat elektronik untuk sekedar bercanda, mereka akhirnya mendirikan Apple Computer yang berlokasi di garasi. Steve tumbuh dengan membenci IBM, perusahaan komputer terbesar saat itu. Perusahaan kecil ini hampir gagal berkembang saat Wozniak membawa prototype komputer Apple ke HP, tapi untungnya HP tidak menyukai produk tersebut dan Wozniak kembali ke Apple.

Di tempat yang lain Bill Gates dan teman sekelasnya semasa di Harvard, Steve Ballmer (John Di Maggio), dan teman SMA-nya, Paul Allen (Josh Hopkins) mendirikan Microsoft. Gates berambisi memiliki kekuasaan melalui Microsoft. Microsoft saat itu merupakan perusahaan pembuat software, salah satunya adalah software operating system. Bill Gates sangat getol dalam melobi IBM agar bersedia menggunakan DOS, sistem operasi yang bahkan Microsoft sendiri belum memiliknya. DOS ini nantinya akan digunakan untuk semua mesin-mesin/ hardware yang dimiliki IBM, dan untuk itu Bill Gates menuntut royalti. IBM akhirnya setuju karena manurut IBM yang paling penting adalah hardware, bukan software. Microsoft yang sebenarnya belum memiliki DOS ini akhirnya membeli operating system dari suatu perusahaan kecil seharga US $ 50,000 dan di sinilah dinasti Microsoft bermula.

Di sisi lain, Apple diundang untuk melihat produk ciptaan ilmuwan Xerox. Xerox telah mengembangkan mouse dan layar seperti yang kita kenal saat ini, akan tetapi petinggi Xerox malah mengejek produk hasil temuan ilmuwannya tersebut dan mengijinkan Apple melihat prototype mouse, layar, dan bagaimana cara kerjanya (untung aja mesin fotokopi Xerox tuh gak ada mouse-nya ya...hehe). Akhirnya Apple mencuri ide yang dimiliki ilmuwan Xerox.

Bill Gates dengan Microsoft-nya sangat iri dengan perkembangan Apple, saat itu Microsoft masih merupakan perusahaan kecil. Gates mengajak Steve Jobs untuk bekerja sama dalam pengembangan produk. Kelihaian Gates dalam melobi orang ternyata berhasil membuat Jobs bersedia bekerjasama. Jobs terperdaya dan bersedia menyerahkan prototype Apple, yakni Macintosh ke Bill Gates. Bill gates memodifikasi komputer ciptaan Apple dan akhirnya lahirlah Windows seperti yang kita kenal saat ini. Apple akhirnya menyadari kecurangan Bill Gates saat Apple hendak meluncurkan macintosh untuk pertama kalinya. Di sinilah persaingan tahap pertama antara Windows dan Macintosh dimulai. Nah, gimana kelanjutan persaingan mereka ya? Siapa yang akan memenangkan persaingan ini? Silakan tonton sendiri ya...

Film ini menceritakan persaingan Apple dan Microsoft hingga tahun 1997, padahal sepertinya setelah tahun 1997, persaingan tahap kedua di antara mereka dimulai lagi nih... Buktinya persaingan antara komputer berbasis Windows dan komputer berbasis Mac semakin seru. Walaupun saat ini Steve Jobs telah tiada tapi kiprahnya serta kejeniusannya akan tetap terkenang melalui inovasi-inovasinya di Apple, RIP Steve... Wah... wah... kayaknya harus ada sekuelnya nih, Pirates of Silicon Valley 2, pasti lebih seru dan lebih diantisipasi oleh masyarakat pecinta film.

Kedua aktor utama film ini, Noah Wyle dan Anthony Michael Hall bener-bener keren dalam memerankan Steve Jobs dan Bill Gates. Wyle berhasil memerankan karakter Jobs yang sangat amat perfeksionis, idealis, tidak suka ditentang, pemuja seni, dan hidupnya selalu dikaitkan dengan nilai-nilai spiritual yang dia anut. Dalam kenyataanya, Steve Jobs memuji akting Wyle dalam film ini dan mengundang Wyle untuk membuka pameran komputer Macworld Expo bersama Steve Jobs. Begitu juga dengan Anthony Michael Hall yang berhasil memerankan tokoh Bill Gates yang nerdy, ambisius, agak-agak manipulatif, nekat, tapi ada sisi gilanya juga. Bill gates sangat yakin bahwa nantinya dia akan mempunyai kekuasaan dengan komputer yang dia ciptakan.

Awalnya saya agak meng-underestimate film ini karena udah jadul banget, tapi ternyata saya malah sangat amat menyukai film ini. Film ini bener-bener brilliant, karena saat melihat film ini fokus kita tidak akan tertuju pada sisi jadulnya tapi langsung terfokus pada dua tokohnya yang sangat gila tapi jenius. Film ini merupakan film yang gak akan lekang oleh jaman, kapan pun kita menontonnya, film ini akan tetap menarik untuk diikuti, itulah kenapa DVD-nya baru dirilis tahun 2005 padahal film ini ditayangkan di televisi untuk pertama kalinya pada tahun 1999. Ide penggunaan pemeran Wozniak dan Ballmer sebagai narator serta flashback sangat efektif untuk menceritakan apa yang ingin ditekankan oleh film ini.

Film ini pas banget untuk kalian yang ingin mengetahui sejarah serta persaingan Apple dan Microsoft serta bagaimana persaingan tersebut bisa mengubah cara hidup manusia saat ini. Bayangkan, jika tanpa Steve Jobs dan Bill Gates dan tentunya orang-orang di sekitarnya maka kita tidak akan hidup semudah seperti saat ini. Dunia pendidikan, kesehatan, pers, dll semuanya menjadi semakin maju setelah kita mengenal komputer. Thanks to them...

Nah, buat para komputer mania, adakah dari kalian yang anti banget sama Microsoft? Atau malah ada yang anti banget sama Apple? Well, probably you could be the next Steve Jobs then, inget kan dengan Steve Jobs yang dahulu sangat membenci IBM, suatu perusahaan komputer terbesar pada jamannya (sekarang juga masih eksis sih) dan akhirnya dengan semangat pantang menyerahnya itu Steve Jobs berhasil sukses dengan Apple... :)



0 comments:

Post a Comment

post a comment

Related Posts with Thumbnails