Sunday, February 12, 2012

Sejarah Pocari Sweat di Indonesia


Pocari Sweat merupakan minuman isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang. Produsennya adalah PT Otsuka Pharmaceutical, suatu perusahaan farmasi yang tidak membuat produk sesuai keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat produk berdasarkan riset atau bukti-bukti ilmiah, baru kemudian memperkenalkannya ke pasar. Hal inilah yang menyebabkan produk-produknya, termasuk Pocari Sweat, memerlukan usaha ekstra dalam pemasarannya. Pocari Sweat merupakan produk nutrasetikal. Produk nutrasetikal didefinisikan sebagai sejumlah bahan untuk pangan atau bagian dari pangan yang memberi keuntungan medis, termasuk di dalamnya adalah mencegah penyakit atau menangani penyakit. Keunggulan minuman isotonik terletak pada kemampuan dalam menggantikan cairan tubuh secara efektif, sehingga secara tidak langsung produk minuman ini membantu proses pemulihan tubuh dari kondisi sakit. Jika melihat fungsi minuman isotonik dan gaya hidup masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan di tengah kesibukan aktivitas mereka, maka prospek Pocari Sweat sangat baik untuk dikembangkan. Oleh karena itu, PT Otsuka Pharmaceutikal terus mengembangkan usahanya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.



Pocari Sweat bukanlah produk minuman isotonik pertama yang masuk ke Indonesia, sebelumnya PT Coca Cola Company telah mencoba untuk memasarkan minuman kesehatan Gatorade. Kesulitan pemasaranlah yang menyebabkan PT Coca Cola Company menyerah dan menghentikan pemasaran produk Gatorade di Indonesia. Pocari Sweat mulai memasuki pasar Indonesia tahun 1990. Pertama kali masuk ke Indonesia, Pocari Sweat dipasarkan hanya 30.000 kaleng per tahun. Pada saat itu, suplai produk ini didatangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat di Korea Selatan, karena belum mempunyai pabrik di Indonesia.

Namun mulai tahun 1991, PT Otsuka Pharmaceutical memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia dengan nilai investasi awal 6 juta dolar AS. PT Otsuka Pharmaceutical di Indonesia memiliki enam anak perusahaan dan salah satunya adalah PT Amerta Indah Otsuka sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis minuman kesehatan dengan merek Pocari Sweat. Pada tahun 1991, PT Amerta Indah Otsuka mendirikan pabrik di Lawang (Malang, Jawa Timur). Kemudian, pada tahun 2004 perusahaan ini memutuskan untuk memindahkan pabrik ke Sukabumi. Pertimbangannya adalah untuk menekan biaya produksi dan transportasi serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku.



Perjuangan untuk memasarkan Pocari Sweat dari tahun 1990 hingga saat ini bukanlah usaha yang mudah. Penjualan Pocari Sweat mengalami kerugian sejak pertama dipasarkan di Indonesia, padahal potensi pasar di Indonesia sangat besar. Hasil penjualan mulai mengalami peningkatan besar pada tahun 2002. Kesulitan memasuki pasar merupakan kendala utama karena produk ini terbilang baru, sehingga dibutuhkan edukasi konsumen yang cukup lama. Apabila tidak gigih dalam memperjuangkan pasar, maka sudah pasti produsen Pocari Sweat sudah ‘melarikan diri’ dari pasar Indonesia seperti yang terjadi pada Gatorade.



Namun, inilah konsekuensi yang harus dihadapi produsen suatu produk jika produsen tersebut memasarkan produk yang relatif baru dan belum dikenal masyarakat secara luas. Saat awal penetrasi, persepsi masyarakat di Indonesia terhadap Pocari Sweat masih kabur. Pocari Sweat disejajarkan dengan minuman ringan lain atau bahkan dengan air mineral, seperti Coca-Cola, Sprite, Fanta, Aqua, dan Vit. Padahal, Pocari Sweat merupakan minuman isotonik, yakni minuman pengganti ion tubuh untuk kesehatan dan kebugaran. Edukasi mengenai pentingnya hidup sehat terus dilakukan oleh PT Amerta Indah Otsuka sebagai bagian dari strategi pemasaran agar Pocari Sweat semakin dikenal dan diterima masyarakat. PT Amerta Indah Otsuka pun terus melakukan edukasi pasar. Berbagai kegiatan komunikasi pemasaran digelar, mulai dari iklan di TV, media cetak, sponshorship, hingga berbagai kegiatan below the line dengan menghabiskan biaya miliaran rupiah. Edukasi melalui jalur medis juga telah ditempuh dengan bantuan para dokter yang memberi edukasi pada masyarakat. Upaya yang tidak kenal lelah itu akhirnya berbuah manis. Mulai tahun 2002, penjualan Pocari Sweat mendadak meningkat tajam. Penjualan Pocari Sweat mengalami pertumbuhan di atas 50% setiap tahun.



Keberhasilan Pocari Sweat dalam memikat animo positif masyarakat terhadap minuman isotonik memicu pemain baru memasuki pasar yang sama. Dalam waktu yang hampir bersamaan, beberapa pemain baru masuk untuk turut menikmati ‘euforia’ pasar minuman isotonik di Indonesia. Mereka membidik segmen pasar yang tidak terlayani oleh Pocari Sweat, yakni pasar menengah ke bawah. Tidak hanya itu, pada masa jayanya, Pocari Sweat pun harus menghadapi masalah akibat kesalahan yang tak diperbuatnya. Beberapa produk minuman isotonik pesaing terbukti menggunakan bahan pengawet berbahaya dalam produk minuman isotonik mereka. Kasus itu sempat mengganggu pasar minuman isotonik, termasuk Pocari Sweat. Namun, melalui beberapa penelitian, Pocari Sweat terbukti tidak mengandung bahan pengawet berbahaya sehingga Pocari Sweat kembali mendapat kepercayaan konsumen.

Sumber gambar: http://www.megatokyo.de

Oleh karena itu, PT Amerta Indah Otsuka tidak khawatir dengan produk-produk baru yang menawarkan produk semacam Pocari Sweat. Hal ini karena Pocari Sweat merupakan produk yang sudah melewati uji klinis dan sudah terbukti khasiatnya, sehingga tetap dipercaya oleh konsumen. Pocari Sweat merupakan trust brand, bukan taste brand. Buktinya, Pocari Sweat tetap konsisten menjaga kualitasnya, mempertahankan segmen pasarnya, dan tidak terbujuk untuk mengeluarkan produk dalam berbagai rasa. Itulah yang membedakan Pocari Sweat dengan produk-produk pesaingnya. Sehingga, walaupun banyak pesaing bermunculan dan banyak masalah yang timbul di pasar, Pocari Sweat saat ini masih menjadi pemimpin pasar minuman isotonik di Indonesia.

Nah, itu tadi perjuangan pemasaran Pocari Sweat di Indonesia, sangat inspiratif kan? Jika kalian ingin tahu sejarah berdirinya Pocari Sweat di negerinya sendiri, yakni di Jepang, maka silahkan tonton video berikut ini. Film sejarah Pocari sweat ini juga pernah ditayangkan di salah satu TV swasta di Indonesia.



REFERENSI
http://www.primeaccescard.com/
http://sinarharapan.co.id/
http://www.akliks.co.id/
http://www.kontan-online.co.id/
http://scylics.multiply.com/other
http://www.kompas.co. id/

0 comments:

Post a Comment

post a comment

Related Posts with Thumbnails